Monday, March 7, 2016

Gerhana Matahari, Sebagai Waktu Baik atau Kurang Baik?


Tgl 9 Maret 2016 jam 07.31 adalah puncak Gerhana Matahari Sebagian di Jakarta dan Puncak gerhana matahari total di beberapa wilayah Indonesia. Gerhana matahari sendiri adalah peristiwa alam, dimana posisi bulan menutupi matahari, secara tiga dimensi terlihat bahwa posisi matahari, bulan dan bumi berada pada satu garis lurus, sehingga bulan menutupi pancaran sinar matahari yang menuju bumi.

Dalam chinese metaphysics, Matahari dan bulan memainkan peran penting dalam menentukan hari baik atau hari buruk,  beberapa penjelasannya sebagai berikut:
1. Sampai saat ini, manusia dalam membuat kalender (waktu) masih menggunakan acuan bulan dan matahari.
2. Manusia dan makhluk hidup lainnya membutuhkan energi "Yang" untuk kehidupannya. Matahari sebagai energi "Yang" dan bulan sebagai energi "Yin". Saat terjadinya gerhana matahari, energi "Yang" matahari yang menuju bumi tersebut hilang sementara. Sehingga dikatakan bukan waktu baik untuk beraktifitas "penting" saat itu.

Sekarang mari kita analisa secara Ba Zi,
Energi yang terjadi saat 9 Maret 2016, 07.31 am

  Jam           Hari          Bulan        Tahun
    庚             庚               辛             丙
Logam +   Logam+     Logam-       Api+

    辰             寅               卯             申
Tanah+      Kayu+        Kayu-     Logam+

Posisi di atas adalah batang langit menunjukan dominansi energi logam , sedangkan cabang bulan menunjukan dominansi energi kayu, di mana mao-yin-chen berkombinasi menjadi energi musim semi dimana kayu dominan. Sehingga energi logam di atas konflik dengan energi kayu di bawah. Energi atas dan bawah konflik total menyatakan bukan hari yang baik untuk beraktifitas penting. Selain itu energi hari dan tahun, mengalami konflik total juga, yaitu logam dan api di atas, serta kayu dan logam dibawah, semakin memperkuat konflik energi di waktu tersebut.

Dalam ilmu fisika modern, tidak disarankan menatap langsung matahari saat gerhana matahari berlangsung karena dapat menyebabkan kebutaan pada mata manusia.

Baik chinese metaphysics dan ilmu modern sejalan bahwa baiknya gerhana matahari tidak dilihat secara langsung, sehingga tetap di rumah atau di dalam gedung adalah hal yang paling aman.
Selamat menikmati gerhana matahari via televisi atau internet di rumah. Salam.



No comments:

Post a Comment