Monday, November 16, 2015

Manage Yourself to Success

BaZi adalah cara bangsa Tiongkok menganalisa kehidupan seseorang sejak ribuan tahun yang lalu. Banyak orang kurang memahami apa itu BaZi serta landasan logika ilmunya, sehingga lebih terlihat sebagai mistik. Sebenarnya BaZi merupakan pola dan kumpulan statistik dari tanggal lahir manusia. 

Setiap tanggal lahir seseorang merepresentasikan komposisi lima elemen di alam, yaitu kayu, api, tanah, logam dan air. Lima (5) elemen tersebut saling berinteraksi dan menginformasikan elemen yang dominan dalam diri kita serta susunan komposisi yang memetakan kekuatan dan potensi manusia tersebut.

Dalam memetakan interaksi antar elemen tersebut, manusia dapat dikategorikan menjadi beberapa tipe :

1. Normal Money.
2. Unexpected Money.
3. Normal Power.
4. Extreme Power.
5. Normal Knowledge.
6. Unconventional Knowledge.
7. Aggressive Intelligence.
8. Normal Intelligence.
9. Robbing Money
10. Rubbing Shoulder.

Seseorang dapat memiliki beberapa kombinasi dari tipe-tipe tersebut, sebagai contoh saya akan bahas salah satu tipe yaitu:

Tipe Extreme Power:
-       Karakter positif yaitu pantang menyerah, ambisius, berwibawa, kharismatik, berpikir cepat, dll.
-       Karakter negatif yaitu berpikir sempit, menyalahgunakan kekuasaan, menghalalkan segala cara, berpikir curiga, suka memerintah, dll.
-       Mereka memimpin dengan menerapkan sistem reward and punishment, pekerja keras, dan suka memimpin di dalam keadaan yang penuh tantangan atau ketidakpastian.
-       Lingkungan kerja yang cocok adalah lingkungan kerja yang menantang dan unpredictable, sangat bagus ditugaskan untuk berpikir strategis, mengidentifikasi permasalahan, dan menemukan solusinya.
-       Cocok di perusahaan berskala besar, dan berkarir sebagai Project Manager, Business Strategist, Military, dll.

Bagaimana kalau kita mempunyai atasan dengan tipe extreme power? Salah satu caranya adalah memberikan usulan dari sisi positif dan negatif, dan apa yang akan kita lakukan setelah disetujui olehnya, dll.

Sukses dalam kehidupan baik di pekerjaan dan bisnis pribadi dapat menjadi lebih mudah dengan memahami siapa diri kita, serta siapa orang di sekitar kita, baik rekan kerja, pimpinan, supplier, konsumen loyal, dll. 

Apa tipe saya, apa tipe mereka, bagaimana sifat dan karakternya, bagaimana mereka berperilaku, memimpin, dan lebih penting lagi, cocok sebagai apa diri kita dan bagaimana kita menghadapi dan berkomunikasi dengan pimpinan, konsumen yang memberikan hasil win-win.

Salam sukses.


Know yourself and your enemy, you will win all battles. - Sun Tzu. (WJS)

No comments:

Post a Comment