Monday, November 2, 2015

Membaca Karakter Dengan Cepat

Suatu waktu di tahun 2001, saya pertama kali dikenalkan dengan ilmu BaZi, suatu ilmu baru bagi saya dan membuat saya bertanya-tanya, apa yang bisa saya pelajari melalui BaZi ini. Selama ini yang saya pernah dengar hanya Feng Shui, bagaimana dengan BaZi?

Saat pertama kali belajar, saya dikenalkan formula-formula elemen alam yang merepresentasikan diri kita. Hari kelahiran adalah yang terpenting dan menjadi referensi dalam membaca segala sesuatu terkait dengan kita. 

Yang paling menarik adalah bagaimana bisa membaca karakter seseorang dalam waktu satu (1) menit dengan hanya melihat hari lahir kita, dan akurasinya luar biasa. Sebagai contoh: ada 10 tipe karakter manusia berdasarkan elemen-elemen di alam, saya akan memberi contoh beberapa:
1. Tipe Api Yang, adalah orang yang berkarakter super semangat, tidak kenal menyerah, senang berbagi, terus terang, tulus, senang bergaul, ceria, konsisten, gigih, dan mudah membantu orang tanpa pamrih. Namun jika elemen apinya sangat mendominasi hati-hati dengan ekses negatifnya, mudah marah, serta tidak sabar, dan kadang bisa menyulitkan.

2. Tipe Kayu Yang, adalah orang yang memiliki kebaikan hati, berprinsip kuat, kadang keras kepala dan kaku, kurang sensitif terhadap lingkungan, karena itu untuk bicara dengan orang ini harus straight forward.

3. Tipe Air Yang, adalah orang fokus, tidak bisa multitasking, mempunyai pikiran yang hebat dan smart. Orang yang senang mengajar.

Dan tipe-tipe lainnya.

Jika kita sudah paham karakter kita masing-masing maka kita lebih mudah berinteraksi dan saling memahami dengan cepat. Sebagai contoh karakter Kayu Yang dan Api Yang. Mereka jika tidak saling paham sudah bisa dipastikan salah berkomunikasi karena api yang begitu bersemangat bertemu kayu yang tenang dan stabil di permukaan. Kayu bergerak dalam pikirannya seperti akarnya menjalar kemana-mana namun tidak menunjukan pergerakannya. Api yang begitu ekspresif akan melihat sang kayu seorang yang lambat, namun begitu mereka bertemu keesokan harinya, bisa jadi terbalik, sang kayu lebih berisi konsep daripada sang api. Tenang namun berisi.

Bagaimana jika mereka bekerjasama, sang kayu memainkan peran belakang layar yang membuat konsep sedangkan sang api yang melakukan presentasi....pasti luar biasa hasilnya. Keberhasilan karena mengisi peran yang berbeda dan menguatkan. 

Menariknya metode ini kita tidak perlu menginterview serta mengisi kuesioner seperti halnya ilmu psikologi, namun dengan siklus energi pada tanggal lahir, kita bisa mengetahui secara jelas karakter seseorang dengan tepat.


Bagi yang mau belajar bagaimana memahami karakter kita, dan bagaimana mengoptimalkannya, dapat ikut dalam workshop kami. (WJS)

No comments:

Post a Comment