Monday, July 27, 2015

Right Person + Right Passion = Best Results

Salah satu pendorong banyak orang belajar BaZi saat awal adalah ingin mengetahui di bidang apakah mereka akan optimal dalam menempuh karirnya.

Seperti halnya test psikologi, BaZi dapat juga menganalisa bidang pekerjaan dan role of play diri kita dalam karir kita. Menariknya dari BaZi, dengan melihat komposisi elemen dalam tanggal lahir, sang praktisi bisa melihat potensi seseorang dalam karirnya.

Yang pertama bisa dilihat adalah bidang industri dari diri kita. Misalnya elemen apa yang tergambar dalam chart BaZi kita, misalnya: Elemen Air merepresentasikan distribusi, tourism, perkapalan, cafe, dll. 
Elemen Kayu merepresentasikan fashion, media, furniture, dll. Elemen Api merepresentasikan entertainment, energi, restoran, dll. Sehingga bagi chart yang komposisi elemennya kayu akan lebih optimal di bidang kayu seperti uraian di atas.

Mengapa perlu mengetahui bidang industri yang sesuai dengan diri kita?

Berdasarkan pengalaman saya sebagai praktisi, jika kita bekerja pada bidang yang sesuai dengan elemen kita maka kita akan merasa semangat dan berkembang menjadi yang terbaik, dan yang lebih penting menemukan passion kita. Karena bekerja dengan passion membuat kita mau bekerja ekstra dan optimal. 

Lalu yang kedua dapat diketahui dari chart BaZi kita adalah role of play apa yang kita mainkan dalam karir kita, salah satu tipe yang menarik untuk dibahas adalah performance type. Orang-orang yang diklasifikasikan performance type, memiliki kemampuan untuk tampil di publik dengan baik, cara berpakaian merekapun sangat serasi paduannya baik warna serta cara memilih pakaian bisa menjadi referensi bagi rekan-rekannya, jika ditambah peach blossom terlebih lagi akan suskses di bidang entertainment. Semua artis-artis yang berhasil atau sukses, masuk pada kategori ini.
 
Apakah harus jadi aktris atau aktor, jawabannya adalah tidak selalu tetapi lebih tepatnya untuk selalu sering tampil di publik akan membuat orang bertipe performance akan sukses. 

Pengetahuan ini sering saya pakai saat saya melakukan training ke HR Division perusahaan-perusahaan dalam mencari karyawannya, jika pekerjaan yang membutuhkan untuk berbicara dan tampil di muka maka tipe performance inilah yang dicari. Untuk orang-orang yang tidak mempunyai elemen performance maka orang-orang ini akan canggung dan menolak untuk tampil di publik, dan tidak pandai mengungkapkan pendapatnya secara jelas, yang berakibat lawan bicara bisa salah paham dengan apa yang dibicarakannya.

Karena latar belakang pendidikan saya yang berkuliah di jurusan arsitektur, yang dituntut untuk bisa mengungkapkan ide gambar melalui presentasi, maka elemen performance wajib juga dimiliki oleh sang arsitek, jika mereka tidak memiliki elemen ini, maka bisa dipastikan hasil pengungkapan idenya dalam gambar tidak baik, sehingga kesulitan menjadi arsitek yang sukses.

Di saat ini, di jaman kompetisi yang begitu hebat, bukan kekurangan yang perlu kita tingkatkan, namun potensi dan talenta yang kita miliki, mengapa? Karena mengoptimalkan talenta lebih mudah dan cepat daripada memperbaiki kelemahan, dan optimalisasi talenta bertujuan agar menjadi manusia unggul yang berperan positif bagi dunia ini.


Mari tingkatkan potensi kita untuk berperan lebih baik dalam dunia ini. Salam. (WJS)

No comments:

Post a Comment