Monday, October 26, 2015

Tips Bentuk Tim Kerja Dengan Cepat dan Tepat

Seorang klien tahun lalu menghubungi saya untuk membantu membentuk tim barunya dengan menganalisa tanggal lahir timnya sehingga dalam waktu singkat sang eksekutif dapat segera mengaplikasikan kemampuannya yang telah diharapkan oleh sang komisaris.
Setelah menganalisa enam (6) orang yang langsung di bawahnya, maka terlihat tim ini kekurangan orangyang mempunyai analisa yang kuat, sehingga timnya jalan tanpa panduan dan trial dan error tanpa pertimbangan yang matang, sehingga perlu dicari orang untuk mengisi kekosongan yang ada sehingga tim dapat bekerja secara ideal dan sempurna.

Bagi seorang eksekutif yang berpindah ke perusahaan baru, tentu dituntut untuk segera beraksi dan menunjukan kehandalannya. Banyak dari mereka berpindah dengan membawa tim lamanya yang berasal dari perusahaan sebelumnya, jika hal itu bersamaan tentu akan mudah, namun bagaimana jika sang eksekutif yang pindah pertama lalu tim nya menyusul kemudian sehingga ada jeda waktu atau bahkan hanya dirinya yang dibutuhkan. Tentu perlu gerak cepat dalam pembentukan tim yang tepat.

Kita dapat mengaplikasikan ilmu BaZi dalam pembentukan tim kerja, ada lima (5) tipe orang secara umum dalam dunia kerja:
1. Tipe analisis
2. Tipe performance
3. Tipe sosial
4. Tipe bisnis
5. Tipe pemimpin

Setiap departemen atau divisi perlu menentukan dahulu apa yang menjadi keypoint keberhasilan divisinya dalam perusahaannya, dan orang seperti apa yang diperlukan dalam mencapai tujuannya. Sebagai contoh kasus adalah divisi penjualan. Secara umum divisi penjualan memerlukan orang-orang yang pandai berkomunikasi, berpenampilan baik serta mempunyai networking yang bagus dan besar.

Bagaimana kita menentukannya, dengan melihat tanggal lahirnya maka dapat dengan mudah kita memilih mereka yaitu tipe sosial dan tipe performance, mereka ini adalah orang yang senang bergaul dan kreatif dalam berjualan. Namun tim perlu juga dilengkapi tipe lainnya seperti tipe analisis, karena dengan adanya tipe ini akan membantu tim penjualan melakukannya dengan efektif dan efisien kepada pelanggan siapa dan bagaimana cara menjualnya. Karena tipe analisis sangat bagus dalam membentuk konsep dan panduan serta teliti menganalisa keberhasilan suatu prospek.

Bagaimana dengan tipe pemimpin, mereka dibutuhkan untuk memastikan target tercapai. Tim diingatkan dengan aturan main, jadwal dan juga disiplin dalam bekerja. Bagi orang yang bertipe performance, pada umumnya tidak taat aturan, sering membangkang, kadang lebih malas karena baginya aturan sangat mengekang dirinya.

Keberhasilan kita sebagai eksekutif adalah memadukan keypoint yang dibutuhkan dengan tipe tim kita dan tipe diri kita sendiri sehingga kekuatan dan kelemahan tim dapat saling dioptimalkan dan yang paling penting, dalam menghadapi masalah di pekerjaan, kita sebagai eksekutif dapat menentukan siapa yang menjadi pemimpin sehingga tepat dalam pengambilan arah dan keputusannya. Sebaliknya jika salah delegasi hasilnya akan tidak optimal. 

Tipe performance akan lebih senang tugas keluar dan menghindari berpikir serta menganalisa apa kekurangannya. Sehingga kalau kita meminta mereka berefleksi diri tentunya akan gagal, karena mereka tidak tahu caranya dan itu adalah kelemahannya. Sebaliknya bagi tipe analisis, mereka biasanya gagal jika diminta berpresentasi karena terlalu berfokus pada hal-hal yang kecil bukan utama, kadang menjadi tidak menarik serta penampilan presentasinya biasanya membosankan. Sebaliknya tipe analisis akan senang jika diminta menganalisa apa yang harus dioptimalkan, mencari apa yang salah.

Yang menarik dari Ilmu BaZi ini adalah dalam waktu singkat dengan menganalisa tanggal lahir, dapat ditentukan apa tipe tim kita dan bagaimana mengoptimalkannya. Sederhana, efektif dan memiliki akurasi yang tinggi, banyak murid dan klien-klien saya menerapkan hal ini dalam pekerjaan mereka, dan hasilnya membuat mereka semakin kagum atas aplikasi ilmu ini.


Bagi yang ingin mendalami dan membangun tim kerja yang optimal di perusahaannya, dapat menghubungi kami sebagai konsultan dan praktisi BaZi atau bisa juga mengikuti workshop kami. Salam sukses. (WJS)

No comments:

Post a Comment