Monday, June 1, 2015

Apa itu BaZi?

Banyak orang masih belum memahami pengetahuan ini, namun familiar dengan istilah ini terutama untuk orang-orang yang sudah menggunakan pengetahuan ini untuk mengetahui banyak hal dalam kehidupannya.

BaZi adalah seni dan ilmu yang mempelajari interaksi elemen yang tercatat di tanggal lahir kita. Setiap makhluk hidup mempunyai kekuatan dan kelemahan yang sudah ditakdirkan oleh Tuhan YME, manusia melalui berbagai upaya dan ilmu berusaha mengetahui kekuatan dan kelemahannya untuk mengoptimalkan talenta yang ada di dalam dirinya.

Dengan memahami elemen yang terkandung saat kelahiran diri manusia, manusia dapat menganalisa karakter yang muncul dari dirinya serta potensi talenta yang masih tersembunyi dalam dirinya. Seperti halnya tes psikologi yang menggunakan berbagai metode, seni BaZi ini secara sederhana dan tepat dapat mengetahui hal-hal yang tersembunyi dalam diri manusia seperti halnya karakter dan potensi/talenta yang paling dominan dalam manusia.

Tidak dipungkiri manusia dilahirkan untuk menjadi berguna dan berbuat yang terbaik di bidangnya masing-masing yang telah diarahkan oleh Yang Maha Kuasa.

Faktor waktu, lokasi serta budaya menjadi hal yang penting dalam BaZi untuk menganalisa elemen dalam diri manusia. 
Seperti halnya manusia memahami ada waktunya elemen-elemen di bumi ini menjadi dominan di saat musim tertentu.

Seperti saat musim semi, elemen kayu menjadi elemen terkuat dan tanaman mulai tumbuh dan berkembang di musim ini, sedangkan elemen api adalah elemen yang terkuat pada musim panas, sedangkan elemen logam menjadi dominan pada musim gugur dan yang terakhir elemen air mencapai puncak energinya pada musim dingin. Hal ini semua merupakan informasi yang diketahui banyak orang terutama melalui ilmu geografi, namun pahamkah kita bahwa law of nature ini ternyata mengandung banyak informasi yang berguna bagi manusia sebagai makhluk hidup?

Sebagai contoh orang yang berelemen api lahir pada musim panas mempunyai energi yang dominan untuk selalu memberi dan berbagi karena sifat matahari yang berbagi tanpa pamrih namun untuk menyeimbangkan energinya perlu elemen air sehingga keadaan alam menjadi lebih nyaman serta air yang baik mencerminkan matahari yang indah seperti halnya kita melihat matahari pagi bersinar dengan pantulannya di air laut bukan?

Memahami bagaimana elemen berinteraksi seperti halnya belajar mengamati alam secara indah dengan hati dan perasaan bahwa semua ini luar biasa jika kita bisa dan mau meluangkan sedikit waktu saja memahami karunia alam dari Tuhan ini tentunya kedamaian di hati serta semuanya yang kita jalani menjadi lebih mudah.

Demikian pembahasan awal mengenai pengertian BaZi ini, jika ada yang ingin tahu lebih lanjut dapat menghubungi saya untuk membahas lebih dalam bagaimana alam bekerja dan bagaimana manusia menyelaraskan diri dengan alam sehingga semuanya menjadi indah pada waktunya. (WJS)

No comments:

Post a Comment