Saturday, June 20, 2015

Kalender Masehi dan Kalender Chinese

Dalam metode Bazi, diperlukan tanggal lahir seseorang yang terdiri dari tahun, bulan, hari dan jam untuk menganalisa kehidupan seseorang. Masih banyak klien, peminat serta pemula yang bertanya kepada saya mengenai jenis kalender apa yang dipakai, apakah kalender masehi atau kalender chinese? 
Apa itu kalender masehi dan kalender chinese?
Kalender masehi adalah kalender yang banyak dipakai di dunia saat ini. Sistem kalender ini berdasarkan revolusi bumi, satu putaran bumi mengelilingi matahari. Sehingga saat satu putaran bumi mengelilingi matahari sempurna, maka dikatakan 1 tahun. Kalender ini mempunyai 12 bulan dari Januari sampai Desember. Awal tahun selalu dimulai saat 1 Januari.
Kalender chinese sendiri ada dua macam, yaitu kalender luni solar yang dikenal saat ini dan kalender hsia. Kalender luni solar adalah sistem kalender yang berdasarkan perputaran bulan mengelilingi bumi, dan setiap tahun dilakukan adjustment sehingga tanggal 1 imlek setiap tahun berubah antata akhir Januari sampai akhir Februari pada kalender masehi.
Lalu kalender Hsia, dapat disebut sebagai kalender petani yang dibuat berdasarkan revolusi bumi mengelilingi matahari, jadi hampir sama dengan kalender masehi, yang membedakannya dengan kalender masehi adalah kalender hsia setiap tanggal 1 awal tahun jatuh pada 4 atau 5 Februari berdasarkan kalender masehi. Mengapa mulainya tanggal tersebut, karena kalender Hsia memasukan faktor musim, dan tanggal 4 Februari merupakan awal musim semi dan dinyatakan sebagai musim tanam dan awal tahun Kalender Hsia. Sampai saat ini acuan kalender Hsia dibuat di Nanjing, China oleh Purple Mountain Observatory (PMO) sebagai lembaga yang diberikan wewenang untuk mengeluarkan acuan tahun tersebut.

Sistem kalender apa yang digunakan dalam metode Bazi untuk menganalisa tanggal lahir?
Praktek Ba Zi merupakan sebuah pekerjaan yang sampai saat ini merupakan pekerjaan yang menarik dan dengan teori serta formulanya membuat sang praktisi serta klien berdecak kagum akan keakuratan dan presisinya. Sebelum menganalisa Ba Zi, sang praktisi menanyakan langsung kepada klien mengenai tanggal lahirnya dari tahun, bulan, hari dan jam. Di Tiongkok jaman dulu, kalender yang dipakai adalah Kalender Chinese yang berbasis lunar(bulan), kemudian sang praktisi melakukan analisa terhadap elemen tanggal lahir tersebut.
Praktek ini terus menerus dilakukan serta diwariskannya turun menurun kepada anggota keluarga atau murid yang ditunjuk dan dipercaya, sehingga bagaimana cara menghitung serta kalender apa yang dipakai tidak diketahui banyak orang kecuali sang praktisi sendiri. Jadi apakah dalam metode Bazi menggunakan kalender solar atau lunar?
Ada baiknya kita belajar dari asal usulnya, apa itu jam atau waktu dari karakter huruf mandarin. Karakter atau huruf jam dalam bahasa mandarin adalah shi - 時 
Karakter 時 - jam jika diuraikan terdiri dari 3 karakter huruf yaitu:
1. Karakter 日 ri yaitu matahari.
2. Karakter 土 tu yaitu tanah.
3. Karakter 寸 cun yaitu inch atau satuan ukuran.
Ketiga karakter tersebut jika digabungkan membentuk karakter jam yang memiliki arti "Matahari bersinar di setiap inchi tanah". Jadi jelaslah dari uraian di atas bahwa waktu yang digunakan adalah waktu matahari, sehingga kalender yang digunakan dalam analisa Bazi adalah Kalender solar, kalender berbasis matahari, dalam hal ini adalah kalenser Hsia.

No comments:

Post a Comment