Monday, June 22, 2015

Prediksi Kebenaran dengan 12 Shio

Prediksi Kepribadian dengan 12 Shio... Apakah benar atau salah kaprah?

Pada suatu waktu, rekan saya ditanya oleh dua (2) orang atasannya, apakah kamu lahir saat malam hari? Teman saya menjawab ya. Lalu sang atasan berkata," Pantas saja Anda malas". Namun atasannya yang lain berkata sebaliknya, "Anda sangat beruntung karena tidak perlu bekerja keras".

Pernahkah kita diberikan emblem oleh orang tua atau lingkungan pergaulan kita dengan cara sesederhana itu? 

Lalu ada lagi pertanyaan yang sering ditanyakan bagi orang keturunan chinese, "kamu shio apa?" Jika jawabannya kuda, maka ada yang bilang bahwa pantas saja capek dan harus bekerja keras. Jika jawabannya shio naga, maka ada yang bilang Anda beruntung dan berpotensi menjadi pemimpin.

Apakah ungkapan tersebut bisa dipercaya? Tentu saja jawabannya tidak.

Banyak orang-orang yang keturunan chinese menyamakan anak-anaknya dengan sebutan shio atau hewan, seperti shio babi sangat beruntung tidak perlu bekerja keras, sedangkan shio monyet sebagai orang yang cerdas dan kreatif. 

Yang lebih menarik lagi saat menikah selalu ditanya apa shio pasangannya. Jika punya wanita shio macan dianggap tidak baik, karena dipercaya bisa memakan suaminya. 

Jika diceritakan lebih lanjut banyak prasangka-prasangka yang diungkapkan tidak berdasar. Mengapa, bayangkan jika seorang yang lahir di tahun yang bershio naga, apakah nasibnya sama semua sebagai pemimpin dan berkuasa, jika iya, sejak sekolah guru-guru akan kerepotan memilih ketua kelas yang terbaik karena semuanya adalah pemimpin tangguh. Dan seolah-olah jika lahir pada tahun yang sama akan mengalami nasib yang sama.

Sekali lagi tidak masuk akal bukan. Tidak mungkin seorang yang lahir di tahun yang bershio sama bernasib sama, karena akan ada jutaan Orang seperti Pak Jokowi.....dan semua calon presiden ya jika benar.

Masalahnya darimana asal usulnya?

Dahulu kala, tahun kelahiran digunakan sebagai analisa nasib seseorang, yang dinamakan shio, simbol 12 hewan, dan hal ini digunakan turun temurun. Saat seseorang mengatakan shionya, maka peramal akan mendeskripsikan karakter orang tersebut berdasarkan hewan simbol tahun kelahirannya. Ini adalah level paling awal (primitif) dalam sejarah prediksi nasib seseorang. Namun informasi ini awet dan sudah memasyarakat sampai sekarang menjadi salah kaprah.

Kemudian di Masa Dinasti Song (960-1279 AD), ada seseorang bernama Xu Zi Ping, yang membuat penemuan revolusioner bagaimana memetakan perjalanan hidup seseorang. Ia menggunakan batang langit hari untuk merepresentasikan kepribadian seseorang, dan pemikiran serta buku Xu Zi Ping inilah yang menjadi dasar dalam pelajaran BaZi.

Di mana tanggal lahir seseorang mulai dari tahun, bulan, hari, dan jam ditulis masing-masing dalam dua (2) karakter yang terdiri dari elemen-elemen di alam.

Kombinasi formula-formula yang dari elemen-elemen inilah yang dapat mengungkapkan perjalanan hidup seseorang, dan bukan shio tahun kelahiran.

Jadi tidak benar, jika tahun kelahiran atau shio digunakan untuk prediksi perjalanan dan sifat karakter manusia. Karena jika shio benar, maka akan berarti kita dalam satu (1) angkatan sekolah akan juara satu bersama atau tidak naik kelas bersama ya.......dan sekali lagi guru sekolah akan kebingungan....tidak dapat menampung murid baru jika satu (1) angkatan tidak naik semua. 
(WJS)

No comments:

Post a Comment